Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi atau Cara Penulisan Keyword di Google Ads (AdWords)

Seperti yang kita ketahui, Google adalah salah satu mesin pencarian yang paling populer hampir di seluruh dunia dan seluruh indonesia menggunakan Google untuk mencari beragam informasi baik berbentuk berita, produk, jasa, dan lain sebagainya. Karena kepopuleran mesin pencarian Google, banyak sekali pengusaha kelas menengah keatas, hingga kelas menengah kebawah yang memanfaatkan Google search sebagai salah satu wadah periklanan, guna mencari client potensial dengan cara yang lebih mudah, praktis dan efisien.

Didalam artikel ini anda akan mempelajari strategi atau cara menerapkan keyword di Google ads, sehingga dapat mendatangkan client potensial anda. Sistem iklan Google Ads bekerja berdasarkan Keyword atau kata kunci yang kita targetkan. Dengan keyword, secara otomatis sistem akan menyaring setiap informasi yang tersebar di internet, sehingga iklan anda hanya akan muncul sesuai dengan target keyword yang anda targetkan. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin menggunakan media periklanan ini sebagai salah satu sarana media promosi, tentu pilihan anda sangatlah tepat, dikarenakan jika anda pelajari dan dapat memahami cara kerjanya, maka dengan Google Ads bisnis anda akan semakin berkembang.

Ketika anda memulai Google Ads, tampilan yang akan anda lihat hanyalah wadah kosong, dan Google Ads menyerahkan 100% kepada anda sebagai pengiklan, saat mengiklankan bisnis. Diperlukan strategi khusus, agar anda tidak rugi dan iklan yang anda iklankan provitable untuk bisnis anda. 

Didalam System Google Ads ada 4 Type Keyword yang dapat anda terapkan :

1. Broad Match (Pencocokan Luas)

Broad match keyword merupakan jenis keyword pencarian yang sangat luas, namun relevansinya agak rendah (Noted:hanya untuk pengiklan awal). Tidak ada symbol khusus untuk jenis Keyword ini dan hanya perlu dituliskan apa adanya saja.

Contoh keyword: Service Mobil

Dengan menggunakan strategi Broad Match Keyword, anda dapat menjangkau audience anda lebih luas lagi, dikarenakan iklan anda akan ditampilkan sangat luas sekali, google dapat menayangkan iklan anda pada keyword yang mengandung sinonim, kata lain yang memiliki arti yang mirip, atau kata-kata lain yang berkaitan dengan keyword yang anda gunakan. 

Noted :

Iklan anda mungkin akan muncul di keyword yang sama sekali tidak profitable untuk bisnis anda, sepert : apa itu service mobil, jenis usaha service mobil, cara usaha service mobil, dll. Analisis dan terapkan negative keyword agar kata kunci yang sama sekali tidak berkaitan dapat di block dari mesin pencarian Google.

Contoh penayangan iklan :



2. Broad Macth Modifier (Semi Frasa)

Broad match modifier atau Semi Frasa merupakan modifikasi dari broad match atau pencocokan luas. Penerapan Keyword ini perlu ditambahkan Simbol tanda plus ( + ) di depan setiap kata pada kata kunci yang digunakan. Jenis pencocokan ini tidak mentarget keyword berdasarkan sinonim atau kata yang berkaitan, namun yang ditargetkan hanyalah setiap kata yang diberi tanda ( + ) tadi.  

Contoh keyword: +service +mobil

Dengan menambahkan tanda + disetiap kata kunci yang digunakan, maka system otomatis akan menargetkan ke kata kunci yang kita targetkan, seperti contoh tadi, yaitu kata ‘service’ dan ‘mobil’. Penerapan kata kunci tersebut pun sama dengan Broad Modifier atau pencocokan luas. 

Misalnya: +service +mobil, +service +panggilan’, dll.
Noted :
Iklan anda juga mungkin akan muncul di keyword yang sama sekali tidak profitable untuk bisnis anda, seperti : apa itu service mobil, jenis usaha service mobil, cara usaha service mobil, dll.
Jadi analisis dan terapkan negative keyword agar kata kunci yang sama sekali tidak berkaitan dapat di block dari mesin pencarian Google.

3. Phrase Match

Phrase match merupakan jenis kata kunci yang menggunakan frasa, untuk penerapannya symbol yang digunakan adalah tanda kutip ( ” ) di awal dan di akhir kata kunci. Sesuai namanya, phrase match mentarget keyword yang berupa frasa. Kata kunci frasa, audience harus menulis kata kunci sesuai dengan urutan kata kunci yang kita tetapkan, dan penambahan katanya ditambahkan di depan atau di belakang kata kunci yang kita tentukan.

Contoh keyword: "service mobil"

Sila lihat contoh penerapannya dibawah ini :

(tempat “service mobil” terdekat)
(tempat "service mobil")

("service mobil" terdekat)
("service mobil" di Jakarta)

4. Exact Match (Pencocokan Persis)
Exact match menggunakan symbol tanda kurung ( [ ] ) di awal dan akhir kata kunci. Dengan jenis kata kunci Exact match, iklan anda hanya akan diketik sesuai dengan kata kunci yang anda tentukan.

Contoh keyword: [jasa service mobil]

Iklan anda hanya akan muncul pada pencarian yang sama persis dengan kata kunci tersebut dan tidak akan muncul di kata kunci yang tidak tertulis atau tidak ada kaitannya dengan contoh kata kunci di atas.


Setiap keyword, mempunyai kelebihan dan kekurangan, anda dapat memilih salah satunya, atau semuanya dapat diterapkan sebagai bentuk strategi kata kunci berlapis, dan dengan demikian iklan anda akan semakin optimal, tanpa harus takut kehilangan klien potensial yang diharapkan.

Posting Komentar untuk "Strategi atau Cara Penulisan Keyword di Google Ads (AdWords)"