Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara memulai berbisnis atau usaha online dari awal

 Berbicara tentang bisnis atau usaha, siapa sih yang tidak mau?

Semua orang tentu mau berbisnis, apabila ditawarkan, “ayo siapa yang mau memiliki usaha?”,  semua pasti mengacungkan jari, tetapi coba pertanyaannya di ganti “Siapa yang mau berbisnis dan bagaimana cara membangun dan mengembangkan sebuah usaha?"

Tentun saja tidak semua orang bisa menjawab dan mengacungkan jari.

Berbisnis ibarat seni, dan untuk membuat sebuah seni yang memiliki nilai jual, diperlukan kesabaran dan ketekunan yang extra. Seseorang yang memiliki mental bisnis (bisnismen) tidak akan mau mendapatkan sesuatu dengan cara yang instan. Bukannya dia tidak mau, namun seorang pebisnis sadar bahwasannya tidak ada satupun bisnis yang berbuah manis dengan cara yang instan. 

Dibawah ini adalah beberapa langkah yang dapat anda mulai, jika ingin menjadi seorang pengusaha atau pebisnis.

1. Mintalah Do’a dari orang tua, dan dekati sang pencipta. 

Didunia ini tidak semuanya dapat diatasi hanya bermodalkan otak, diperlukan yang namanya (Miracle). "Pernahkah mendengar Rezeki, maut, jodoh semua ditangan Allah?", Hal itu membuktikan bahwa, sekeras apapun kita berjuang, namun jika jalannya ditutup, kita tetap tidak akan menemukan jalannya. Sepintar-pintarnya kita tetaplah manusia, dan gantungkanlah semua harapan dan bisnis anda hanyalah kepada sang pencipta. 

2. Batlah Konsep.

Seorang pebisnis yang menjalankan usaha tanpa konsep, ibarat berperang tanpa membawa senjata dan atribut lengkap. Carilah beberapa referensi berbeda untuk membuat konsep yang unik untuk bisnis yang sedang ingin anda buat dan jangan sungkan-sungkan bertanya, meminta pendapat, atau mencari masukan dari orang lain, saudara atau teman terdekat. Karena salah satu keunikan manusia adalah, dianugerahkan berbagai pemikiran yang berbeda-beda, anda perlu melakukannya untuk mendapatkan informasi yang mungkin sebelumnya tidak pernah terfikirkan oleh anda.

3. Analisis.

Anda dapat menganalisis bisnis anda, cari tau kelebihan dan kekurangan bisnis anda, bagaimana resiko bisnis anda. Dengan Risk Analysis anda dapat melengkapi apa yang seharusnya dilengkapi, sehingga konsep yang anda buat akan jauh lebih matang sebelum usaha anda berjalan, hal tersebut tentu akan meminimalisir tingkat kegagalan dan membuat anda lebih siap dalam menghadapi tantangan kedepannya. 

Dibawah ini adalah langkah yang dapat anda lakukan dengan analisis SWOT yang meliputi.

  1. Strengths (kekuatan) dan Weaknesses (kelemahan) - Cari tau kekuatan dan kelemahan dari usaha anda dan apakah berdampak didalam (internal) usaha anda, Lihat kembali sudah sampai mana persiapan anda dan apa saja yang sudah anda persiapkan dalam menjalankan usaha, cari tau kelemahan dari usaha anda sehingga anda dapat menghadapi ancaman kedepannya.
  2. Opportunities (peluang) dan Threats (ancaman) adalah setiap hal yang bersifat eksternal yang dapat mempengaruhi bisnis anda kedepannya. Hal-hal yang terjadi di luar perusahaan, dapat berupa seberapa pesaing anda, bagaimana value yang terdapat didalamnya, dan bagaimana harga yang ditawarkan "apakah ada ancaman yang berdampak atau anda dalam kondisi aman untuk saat ini", segala aspek yang berada pada pasar yang lebih besar dapat dikaji. Anda dapat memanfaatkan peluang dan melindungi dari ancaman, tetapi Anda tidak dapat mengubahnya, sehingga ketika ancaman itu datang anda siap menghadapi dan menyelesaikannya. Contohnya termasuk pesaing atau bahan baku. List menjadi beberapa bagian, mulai dari kualitasnya, seberapa besar tingkat persaingannya, hingga kelebihan dan kekurangan competitor anda. Dalam dunia usaha, mencari tau kelemahan dan kekuatan competitor sangatlah penting, karena dengan demikian anda dapat mengukur kapasitas, dan meningkatkan kualitas layanan usaha anda.

4.  Atur Strategi Marketing Usaha Anda.

Marketing adalah poin yang sangat penting, dan merupakan ujung tombak setiap usaha. Jika marketing buruk, maka usaha tidak akan berjalan dan berujung bangkrut. Jika yang jadi sasaran anda adalah usaha online, mungkin strategi marketing Google Ads, facebook Ads, atau instagram Ads dapat dipertimbangkan.

5. Kuatkan Niat dan Mental Anda.

Seseorang yang bermental bisnis, haruslah memiliki mental baja, karena akan banyak sekali masalah setelah bisnis anda berjalan. Masalah bisa dari internal atau external. Teruslah perbaiki diri, manajemen bisnis, dan hadapi masalah dengan cara yang professional. Setiap masalah pasti ada solusi, tugas anda hanya mencari solusinya, dan yang terpenting jangan pernah lari dari masalah.

6. Konsisten dan jangan menyerah

Setiap bidang usaha tentu memiliki masalahnya tersendiri. Hal sulit yang akan anda alami adalah ketika masalah demi masalah datang, mampukah anda bertahan dan sabar menghadapi setiap masalah yang terjadi?terkadang ketidak konsistenan dapat terjadi ketika seorang pebisnis merasa down, dan beranggapan bahwa bisnis yang sedang dijalankan tidak menguntungkan. Padahal, jika sabar dan menjaga kekonsistenan tersebut mungkin ada buah manis yang dapat di petik, namun karena ke tidak konsistenan, sebelum buah itu anda petik anda sudah terlanjut menyerah. Layaknya pertamina ("Mulai dari 0 lagi ya"), hal itu akan sangat di sayangkan bukan??

Posting Komentar untuk "cara memulai berbisnis atau usaha online dari awal"