Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengenalan dasar Auto Cad dan Memahami Perintah Software Auto Cad

Auto CAD merupakan sebuah program CAD yang paling banyak di pergunakan dewasa ini. Auto CAD Dibuat oleh perusahaan perangkat lunak raksasa Amerika Serikat, (Autodesk Inc). Auto Cad banyak dipergunakan karena memiliki kemudahan dalam penggunaannya, di dalam Auto Cad, terdapat sebuah bahasa pemrograman Visual LISP (LISt Processing). Visual LISP memungkinkan anda dapat memilih untuk bereksperimen dengan memasukkan kode pada prompt Command, sehingga anda dapat melihat hasil dengan segera.

Untuk menjalankan program  Auto Cad tersebut , terdapat beberapa langkah yang dapat kamu lakukan.


1. klik start -  all program - Auto Desk - autocad 2013
2. Kamu bisa langsung KLIK Icon Auto cad 2013 di bagian dekstop. 

Jika telah diklik maka autocad akan siap untuk dioperasikan. Tampilan yang akan terlihat setelah program tersebut terbuka seperti pada gambar di bawah ini.

 

Perlu diketahui bahwa Auto CAD digerakkan oleh perintah, jadi untuk melakukan suatu aksi tertentu didalam Program Auto CAD, anda harus memasukkan atau menggunakan suatu perintah. Terdapat 3 cara untuk menggunakan atau memanggil suatu perintah :
1. Menggunakan perintah baris command line,
2. Menggunakan toolbar,  
3. Menggunakan menu bar.

 
* MENGGUNAKAN COMMAND LINE

Cara pertama dan klasik dalam menggunakan suatu perintah Auto CAD adalah dengan mengetik perintah yang diinginkan pada Prompt Command Line. Posisi Command Line adalah pada bagian bawah layar tepat di atas status bar. lihat gambar di bawah ini:



* MENGGUNAKAN TOOLBAR

Cara kedua untuk memanggil suatu perintah adalah mengklik pada toolbar yang mewakilinya pada layar Auto CAD. Toolbar merupakan suatu fasilitas standar dalam WIndows, di mana hampir seluruh aplikasi Windows menggunakan toolbar sebagai dasar pengksesan perintah. bentuk toolbar sebagai dsar pengaksesan perintahmengyerupai sebuah tombol dengan bentuk gambar didalamnya.

* ENGGUNAKAN MENU BAR ( BARIS MENU )

Cara ketiga untuk memanggil suatu perintah adalah menggunakan menu bar. Auto CAD menyimpan juga perintah- perintahnya di dalam menu bar, menu bar sangat bermanfaat bagi anda yang lebih menyukai penggunaan perintah di menu bar saat menjalankan sebuah perintah.

dibawah ini adalah gambar basic key pada program auto cad yang perlu di pelajari dan di fahami kegunaannya:

Memahami perintah Construction Line dan Polyline.

1. CONSTRUCTION LINE.

apa itu Construction Line dan kegunaannya. ( lihat gambar di atas).

construction line pada intinya memiliki persamaan dengan line yaitu sama sama untuk membuat garis . Namun perbedaannya adalah construction line digunakan untuk membuat garis tak terbatas, biasanya digunakan hanya sebagai patokan dalam penggambaran.

2.  POLYLINE

Kegunaan dan fungsinya sama dengan perintah Line namun perbedaannya adalah jika line saat penyeleksian gambar garisnya terputus maka polyline sebaliknya garisnya menyatu.

lihat gambar di bawah ini :

 

Posting Komentar untuk "Pengenalan dasar Auto Cad dan Memahami Perintah Software Auto Cad"